Selamat Datang di situs Karya Andalas Logistik!

Kamis, 27 September 2012

Aturan Baru Impor Hortikultura dari Kemendag

Kementrian Perdagangan (Kemendag) akan memberlakukan Peraturan Menteri Pedagangan (Permendag) tentang impor produk Hortikultura ke Indonesia mulai 28 September 2012.

Permendag yang seharusnya mulai berlaku sejak Juli lalu, memang sempat ditunda karena menuai aksi protes dari kalangan usaha. Pasalnya, saat itu, infrastruktur belum siap dan belum ada sosialisasi yang cukup kepada pelaku impor.



Direktur Impor Kemendag Ditjen Perdagangan Luar Negeri, Arlinda, mengatakan pemberlakuan itu akan mempercepat stabilitas ekonomi nasional terutama bagi komoditi hortikultura. Arlinda mengakui sejumlah pihak terutama pengusaha telah melayangkan protes terkait aturan yang ada dalam Permendag tersebut.

Ia menguraikan bahwa Permendag tersebut memberi ruang gerak sempit bagi importir untuk mengelola produk impor. Sebaliknya, peraturan itu akan memberi ruang cukup besar bagi petani untuk meningkatkan taraf hidup dengan peningkatan daya saing.

"Terutama petani yang bergerak di bidang hortikultura. Mereka punya peluang lebih berkembang dan berproduksi. Penerapan aturan ini kami kerjasamakan dengan Kementrian Pertanian," ujarnya.

Sebagai Informasi, data BPS yang diolah Kemendag menyebutkan, perkembangan impor produk hortikultura dalam lima tahun terakhir meningkat tajam. Tahun 2006, nilai impor sebesar USD 600,84 juta. Tahun 2007 menjadi USD 787,86 juta dan meningkat menjadi USD 882,62 juta pada Tahun 2008. Sementara di tahun 2011, nilai impor meningkat tajam menjadi sebesar USD 1,757 miliar.


source: economy.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar